Dinosaurus Tangguh

    Matrikulasi pekan ke 2 Hari  Selasa 12 september 2017 kami didatangkan pemateri seorang pengusaha sukses di bidang Food and Beverage, Gufron Syarif. Gufron yang merupakan pemilik dari rendang kemasan Uda Gembul dan salah satu pemilik Dino Donuts itu bercerita bahwa sedari awal memutuskan untuk berbisnis adalah ingin memberi inspirasi bagi banyak orang. Mendobrak jagad kuliner dengan rendang kemasan yang praktis menjadi langkah awal dilakukannya. 

    Kisah suksesnya tidak luput dari berbagai halangan dan rintangan yang telah dilaluinya. Dulunya sebelum jadi pebisnis dia sempat menjadi pekerja paruh waktu di australi saat kuliah, pegawai bank dan dosen, karena paksaan orang tuanya. Tetapi itu tidak menyurutkan niatnya menjadi pengusaha. Sambil bekerja dia juga berbisnis. Bisnis pertama yang ia tekuni adalah pengolahan limbah plastik yang telah ia modali 150 juta dan 6 bulan kemudia bangkrut karena kalah bersaing dengan pemain yang telah lama berdiri, Bisnis lain yang ia tekuni sempat macet beberapa kali, salah satunya bisnis jualan ayamnya yang ia beli dari penjual lain dan dijual lagi, pertama ia menjualnya hanya kepada mahasiswanya, karena ramai dia memberanikan diri menyewa ruko, tempat ia menyewa ruko ternyata di gadaikan oleh pemiliknya pada suatu bank tanpa sepengetahuan Mas Gufron. Selang beberapa waktu bank menyita tempatnya karena pemiliknya tidak sanggup bayar, PADAHAL bisnisnya sedang ramai-ramainya. Tidak menyerah, Gufron kembali merintis usaha, ia kembali berfikir dan menemukan ide dari keripik maichi, ia berfikir bagaimana kalau rendang yang di modifikasi seperti maichi dengan berbagai varian rasa dan tingkat kepedisan. Dari situlah rezekinya dibukakan. Ia sampai menjualnya ke supermarket. 

     Selang beberapa lama ia juga membuka usaha donut yang terinspirasi saat ia melihat anak anak suka pada dinosaurus dan mulai terfikir untuk membuat donut berbentuk dinosaurus dan huruf huruf. Awalnya bisnisnya tidak terlalu lancar dan bahkan hanya 2 donut dalam 1 hari yang laku, tempat jualannya di sekitar SD yang ramai. Kemudian ia berinisiatif untuk memanfaatkan sosial media untuk promosi, mulai dari sinilah penjualannya melejit hingga ia mampu membuka cabang di mall dll sampai sekarang bisnisnya bisa membuat profit hingga 900 juta rupiah perbulan. ia berhasil membangun bisnisnya dengan modal yang kecil dan tanpa pinjam ke manapun apalagi bank yang Riba!. 

Banyak ilmu yang didapat dari mas Gufron diantaranya : 

1. Pengusaha harus memiliki mindset bisnis : Cari Sebuah masalah dan temukan solusinya.
2. Cari produk yang kredensial yang sudah dikenal dan kembangkan, re-Branding, dan jual
3. Memodifikasi produk yang sudah ada membuatnya mudah untuk masuk ke pasar dan bisa membuat kita menjadi pelopor. Contoh : Warunk Upnormal memodifikasi produk indomie menjadi lebih kekinian dan sukses!
4. Untuk membuat bisnis tidak harus modal besar. Contoh bandingkan kedua franchise berikut ini :
Warunk Upnormal harga franchise 4,2 Miliar, sedangkan keuntungan rata2 25 juta/hari
Dum-dum Thai Tea harga franchisenya hanya 50 juta, sedangkan keuntungannya rata-rata 16 juta/hari
bisa dibandingkan bukan? mana yang lebih menguntungkan.
5.Jualan bukan hanya soal produk apa yang paling bagus, tapi produk mana yang dikenal, maka buatlah produk anda terkenal dan bagus! Build Communication
6. Buat produk unik dan kemasan yang bagus yang pasti difoto
7. Jualan yang bahan dasarnya tepung putih itu memiliki modal yang minim dan profit yang tinggi.
8. Marketing itu : Penawaran (Diskon, Gratisan, atau sesuatu yang menjebak) dan Pengulangan
9. Bisnis yang jalan itu adalah bisnis yang memberikan solusi.
10. Menamai

Permasalahan UKM
-Terlalu fokus ke produk, bukan strategi pemasaran
-Menjual produk keinginan sendiri bukan keinginan konsumen
-Kurangnya wawasan pasar
-Tidak berinvestasi dalam pemasaran dan promosi

Perhatikan : 
Segmentasi nya siapa? Apakah kelas atas , sedang atau bawah? Kalau kelas atas mereka jumlahnya tidak banyak. Kalau kelas sedang lumayan banyak, dan kelas bawah banyak sekali otomatis jika kita menyasar kelas bawah maka kita mengandalkan profit dari kuantitas produk yang terjual.
Targetnya apa?
Penempatannya dimana?
Perhatikan itu semua.

Buat perhatian ke media, Media juga butuh konten untuk mereka pasarkan, dengan itu kita manfaatkan untuk ajang promosi secara GRATIS.

Rumus Pemasaran MARKETING MIX mencampurkan semua aspek yaitu PRODUK, TEMPAT, HARGA DAN PROMOSI.

Tips Mensiasati penggunaan keungaan untuk menjalankan bisnis :
1. Biaya Sewa tempat jangan diatas 10% dari omzet, jika omset 100 juta perbulan maka sewa tempat dikatakan tidak sehat jika diatas 10 juta
2. Pengeluaran Bahan baku tidak lebih 30% dari omzet
3. Gaji Pegawai tidak lebih 15% dari omzet.
4. Ongkos iklan tidak lebih dari 10% omzet

Menghidupkan Brand : 
-Untuk Awal-awal gratisan (paling mudah)
-Pengiklanan
-Relasi / silaturahim / menjalin kerjasama. 


 sesi kedua 
   Pada sesi kedua kami disajikan motivasi dan "tamparan keras" oleh Wakil rektor kampus umar usman, Mr. Joss. Kami dipaksa segera mempunyai bisnis, jika tidak kami akan menerima konsekuensinya, kami juga merenungi kesalahan kami dan kepada orangtua kami, kami juga diberi motivasi agar selalu menjadi pengusaha tangguh yang bermental baja dan tahan banting menghadapi segala situasi.

Sekian ilmu yang bisa saya bagikan Wassalamualaikum. Wr. Wb.
 


Comments

Popular posts from this blog

Magnet Rezeki By Ust. Nasrullah

Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha Di Kampus Bisnis Umar Usman

DNA (Dream & Action)